Kamis, 07 Mei 2020

43 Tempat Tujuan Terbaik

Tempat Tujuan Terbaik

Pembina Tao Tidak Tahu Tempat Berpulang, Melafal Amituofo Memperoleh Penjemputan dari Buddha Amitabha.


 

1.
Sun Song-ting, penduduk Kabupaten Qiantang, Provinsi Zhejiang, merupakan pembina Tao. Pada tahun ke-17 pemerintahan Kaisar Daoguang (Kaisar Dinasti Qing ke-8, bertahta dari tahun 1820-1850), musim gugur, Sun Song-ting menderita penyakit kritis, melihat rombongan orang menunggang kereta kuda yang atapnya tertutup datang menjemputnya.




 

2.
Lalu Sun Song-ting berkata pada sanak keluarganya bahwa dia akan pergi mengikuti rombongan kereta kuda yang datang menjemputnya.




 

3.
Adik laki-laki kedua-nya yang bernama You-cun menahannya dan berkata : “Itu merupakan jalan ke alam setan, bukanlah tempat tujuan terbaik, jangan ikut dengan mereka!”




 

4.
Tidak berapa lama kemudian, Sun Song-ting berkata : Andaikata tubuh jasmaniku telah rusak dan musnah, ke mana saya harus menuju?”




 

5.
You-cun merekomendasikan Pintu Dharma Tanah Suci kepada Song-ting. Setelah mendengarnya, Song-ting amat bersukacita, berniat melafal Amituofo, tetapi lidahnya sudah kaku, meskipun sudah berusaha namun tetap tidak sanggup melafal keluar sepatah pun Namo Amituofo.




 

6
You-cun membantunya melafal Amituofo, akhirnya Song-ting mulai sanggup melafal Amituofo dengan suara nyaring, hingga ketika melampaui seribu lafalan, Song-ting terlahir ke Tanah Suci Sukhavati dengan damai.



学道不知归处 念佛弥陀来迎

 附文

孙松亭,浙江钱塘人,素来信奉道教。道光十七年的秋季,孙松亭病危,看见一众人驾着带旌盖的车马来迎接他。他就对周围的人说,我要跟来迎我的人一起走了。他的二弟又村止住他说:这是鬼道的去处,不是最好的归处,不可以跟他们走呀!过了一会儿,孙松亭说:如果我的身体坏灭了,我要到哪去呢?又村将净土法门力荐给松亭。松亭听信之后十分振奋,想要念诵佛名,但舌头本已强涩,吃力地念不出六字名号。又村为他助诵,松亭开始琅然出声,念到千余声的时候,松亭安然地往生净土了。(往生近验录)


原文

孙松亭,钱塘人,素奉斗。道光十七年秋,病亟,见旌盖舆马来迎,谓人曰,吾从之行矣。其季弟又村止之曰,此鬼神趣,非大善处,不可从也。良久曰,若辈悉灭形矣,吾将安归。又村以净土法门进。松亭奋然,欲诵佛名,而舌本强涩,格格不能成六字。又村助诵之,始琅然出声,至千余声乃寂。(往生近验录)


漫画作者:丁婷
白话翻译:佛今