Apa yang dimaksud dengan kepiawaian
melafal Amituofo? Sepuluh lafalan pasti terlahir ke Alam Sukhavati!
1.
Master Yin Guang mempunyai seorang murid awam bernama Wang Hui-chang, saat usia
muda menyanjung sains dan militer, saat usia paruh baya barulah mengambil
Visudhi Trisarana, memasuki Pintu Buddha.
2.
Keyakinan hatinya begitu kokoh, beberapa kali dia memohon pada Master Yin Guang
untuk menabhiskan dan menerima-nya jadi murid, namun Master menolak permintaan
Upasaka Wang, dengan alasan bahwa usia Wang sudah tidak muda lagi, untuk
mempelajari isi Tripitaka tentunya tidak sempat lagi, makanya lebih baik
melafal Amituofo di rumah.
3.
Akhirnya Upasaka Wang hanya dapat pulang ke rumah dan melafal Amituofo dengan
tekun, bertekad terlahir ke Alam Sukhavati, namun terhadap teori melafal
Amituofo terlahir ke Alam Sukhavati, dia tidak terlalu memahaminya.
4.
Pada musim dingin di suatu tahun, Upasaka Wang mendadak muntah darah, dalam
waktu singkat kondisi kesehatannya menurun dan sekarat.
5.
Kekuatan samadhinya cukup bagus, saat berada di ambang antara hidup dan mati,
dia masih dapat mengendalikan diri untuk tidak panik dan tidak takut.
6.
Namun ada satu hal yang paling disesalinya, yakni merasa kepiawaian-nya dalam
melafal Amituofo masih belum bagus.
7.
Setelah penyakitnya sembuh, dia bersama dengan seorang sahabat Dharma berziarah
ke gunung di wilayah Provinsi Zhejiang, dalam perjalanan menuju Zhejiang,
mereka singgah di Suzhou untuk mengunjungi Master Yin Guang.
8.
Upasaka Wang menceritakan tentang bagaimana pemikirannya (masih kurang piawai
dalam melafal Amituofo) ketika ajal menghampirinya, tanpa diduga, Master Yin
Guang malah dengan suara lantang membentaknya : “Kalau pemikiranmu begini,
mustahil dapat terlahir ke Alam Sukhavati! Apa yang dimaksud dengan piawai
melafal Amituofo? Yakni sepuluh lafalan pasti terlahir ke Alam Sukhavati!”
9.
Ternyata terlahir ke Alam Sukhavati bukanlah mengandalkan kepiawaian diri
sendiri dalam melafal Amituofo maupun kekuatan samadhi, tetapi di dalam sepatah
Amituofo ini sudah sempurna akan jasa kebajikan terlahir ke Alam Sukhavati
mencapai KeBuddhaan. Piawai atau tidaknya kecakapan melafal Amituofo yang
dimiliki, tidak ada kaitannya dengan berhasil atau tidaknya seseorang itu
terlahir ke Alam Sukhavati.
10.
Serupa dengan dokter yang membuka resep obat buat pasiennya, asalkan si pasien
minum obat sesuai dengan petunjuk dokter, maka penyakitnya bisa sembuh.
Sedangkan bagaimana cara dia menelan obat tersebut, apakah dengan mengerutkan
alis atau tidak, tidak ada kaitannya dengan kesembuhan penyakit.
11.
Bentakan Master Yin Guang ini menghapus rintangan di hati Upasaka Wang,
rintangan yang diciptakan oleh dirinya sendiri, sejak itu dengan segenap hati
dia mengandalkan sepenuhnya kekuatan Buddha Amitabha, membangkitkan keyakinan
hati yang pasti terlahir ke Alam Sukhavati.
Naskah
Mandarin :
http://xiyuee.blogspot.com/